BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam suatu pemasaran banyak sekali bentuk dan
macam-macam aneka ragam makanan dari yang kecil hingga yang besar dan dari yang
murah hingga sampai yang mahal.
Pada saat ini banyak sekali masyarakat yang
lebih menyukai makanan cepat saji dengan rasa yang enak dan harga yang relatif
murah namun kualitas tetap terjamin. Untuk memenuhi permintaan masyarakat
tersebut harus diciptakan suatu kegiatan usaha yang sifatnya kreatif, inovatif
dan memiliki daya saing yang tinggi sehingga dapat menarik perhatian masyarakat
untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Dari pemikiran tersebut kami telah
melakukan observasi lapangan mengenai peluang usaha yang dapat dilakukan. Salah
satunya yaitu usaha penjualan Tahu Krisyuk dengan Aneka Isi. Selain jenis makanan ini masih jarang
ditawarkan, ketersediaan bahan baku dan cara pembuatan yang tidak terlalu sulit
juga merupakan hal yang dapat dipertimbangkan agar kegiatan usaha ini layak
untuk dijalankan.
Pembuatan “Tahu Krisyuk” yang dilakukan dengan
cara yang sangat sederhana, tetapi lebih higienis, serta akan dijual dengan
harga yang sangat terjangkau, maka tentunya hal ini akan menarik minat
masyarakat untuk membelinya.
Dengan pengembangan konsep yang berbeda
dengan jenis usaha lain yang sudah ada baik dari segi resep, penyajian, kemasan
maupun merek dagang, kita akan memiliki kekuatan untuk mendatangkan minat
pembeli agar tertarik dengan produk yang kita tawarkan.
Dengan hal tersebut, maka saya ingin membuat
usaha makanan, yaitu usaha makanan "Tahu Krisyuk" untuk dikembangkan
menjadi usaha besar agar masyarakat tidak akan pernah lupa dengan masakan khas
Indonesia tersebut.